Makalah pengembangan kurikulum
By : MPA STAIN bukittinggi
Semoga bisa bermanfaat. . .
BAB
II
PEMBAHASAN
Komponen Dasar Kurikulum
Komponen utama yang harus di
penuhi dalam suatu kegiatan pengembangan kurikulum yaitu adanya tujuan kurikulum,
isi atau bahan ajar yang harus di berikan untuk mencapai tujuan, strategi
pelaksanaan, dan penilaian (evaluasi) pencapaian tujuan.komponen-komponen itu
tidaklah berdiri sendiri, tapi saling pengaruh-mempengaruhi, berinterksi,
berinterelasi satu sama lain.
S.Nasution, melukiskan proses
pengembangan kurikulum dimulai dari perumusan tujuan kurikulum, diikuti oleh
penentuan atau pemilihan bahan ajar, proses belajar-mengajar, dan alat
penilaiannya.
Diantara
komponen-komponen kurikulum yaitu:
A.
Komponen Tujuan
Ivor K. Davies (hasan,
1990)mengemukakan bahwa tujuan dalam suatu kurikulum akan menggambarkan
kualitas manusia yang diharapan tervina dari suatu proses pendidikan. Suatu
tujuan memberikan petunjuk mengenai arah perubahan yang dicita-citakan dari suatu
kurikulum yang sifatnya harus merupakan suatu final.tujuan yang jelas member
petunjuk yang jelas pula terhadappemilihan isi/bahan ajar, strategi, media
pembelajaran, dan evaluasi
Tujuan kurikulum tidak terlepas
dari tuntutan dan kebutuhan masyarakat, serta di dasari oleh falsafah dan
ideology suatu Negara . di Indonesia, tujuan umum pendidikan atau tujuan
pendidikan nasional di tetepkan dalam keputusan MPR, dimuat dalam GBHN dan
undang-undang tentang sistem pendidikan nasional. Tujuan umum tersebut dapat
dicapai melalui tujuan-tujuan yang ada dibawahnya yang berfungsi sebagai tujuan
perentara. Tujuan tersebut membentuk suatu hierarki yang saling berkaitan dan
mempengaruhi.
Hierarki tujuan pendidikan :
Tujuan pendidikan
nasional Adalah
tujuan yang ingin dicapai secara nasional yang dilandasi oleh falsafah suatu
Negara.sifat tujuan ini ideal dan menjadi induk bagi tujan-tujuan yang ada di
bawahnya.
Tujuan
institusional Adalah
tujuan yang diharapkan dicapai oleh suatu lembaga pendidikan , misalnya tujuan
pendidikan pada tingkat SD, SLTP, SMU, SMK.
Tujuan kurikuler Penjabaran dari tujuan
institusional yang berisi program-program pendidikan yangmenjadi sasaran suatu
bidang studi atau mata kuliah, misalnya, tujuan mata pelajaran matematika,
agama, bahasa idonesia.
Tujuan
instruksional Merupakan
tujuan tingkat bawah yang harus dicapai setelah suatu proses pembelajaran.
Dalam sistem pendidikan di
indonesiayang dijadikan dasar perumusan tujuan yaitu klasifikasi yang
dikemukakan oleh Benjamin S. Bloom, dkk.dalam bukunya taxonomy of educational objectives. Bloom membagi tujuan menjadi
tiga domain, yaitu cognitive, affective, dan psychomotor.
Pratt (kaber, 1988) mengemkakan
tujuh criteria yang harus dipenuhi dalam merumuskan tujuan kurikulum yaitu:
1.
Tujuan
kurikulum harus menunjukkan hasil belajar yang spesifik dan dapat diamati.
2.
Tujuan
harus konsisten dengan tujuan kurikulum
3.
Tujuan
harus ditulis dengan tepat
4.
Tujuan
harus memberikan kelayakan
5.
Tujuan
harus fungsional
6.
Tujuan
harus signifikan
7.
Tujuan
harus tepat dan serasi
B.
Komponen isi / Materi
Pengkajian masalah isi kurikulum
menempati posisi yang penting dan turut menentukan kualitas suatu kurikulum
lembaga pendidikan.isi kurukulum harus disusun dengan sedemikian rupa sehingga
dapat menunjang tercapainya tujuan kurikulum.
Saylor dan Alexander (zais,
1976)mengemukakan bahwa isi kurikulum itu meliputi, fakta-fakta, observasi,
data, persepsi, penginderaan, pemecahan masalah, yang berasal dari pikiran
manusia dan pengalamannya yang diatur dan diorganisasikan dalam bentuk gagasan,
konsep, generalisasi, prinsip-prinsip dan pemecahan masalah.
Criteria kurikulum menurut Hilda
taba yaitu:
1.
Isi
kurikulum harus valid
2.
Isi
kurikulum berpegang kepada kenyataan-kenyataan social.
3.
Kedalaman
dan keluasan isi kurikulum harus seimbang.
4.
Isi
kurikulu menjangkau tujuan yang luas.
5.
Isi
kurikulum harus dapat dipelajari dan disesuaikan dengan pengalaman siswa.
6.
Isi
kurikulum harus dapat memenuhi kebutuhan.
C.
Komponen strategi
Strategi pembelajaran berkaitan
denganmasalah cara atau sistem
penyampaian isi kurikulum dalam rangka pencapaian tujuan yang telah
dirumuskan.pengertian strategi pembelajaran dalam hal ini meliputi pendekatan,
prosedur, metode, model, dan teknik yang dipergunakan dalam menyajikan bahan
atau isi kurikulum. Strategi berhubungan dengan siasat atau taktik yang
digunakan guru dalam melaksanakan kuriulum secara sistematik.tinggi rendahnya
kadar aktivitas belajar siswa banyak di pengaruhi oleh startegi atau pendekatan
mengajar yang digunakan.
Richard Anderson (sudjana,
1990)mengajukan dua pendekatan, yaitu pendekatan yang berorientasi pada guru,
dimana aktivitas guru dalam suatu proses pembelajaran lebih dominan
dibandingkan siswa. Pendekatan kedua lbih berorientasi pada siswa, dimana
aktivitas siswa dalam proses pembelajaran lebih dominan dibandingkanguru.
D.
Komponen Evaluasi
Konsep evaluasi kurikulum dapat
dipandang secara luas, yaitu mencakup evaluasi terhadap seluruh komponen dan
kegiatan pendidikan, tetapi dapat pula dibatasi secara sempit yang hanya di
tekankan kepada hasil-hasil atau perilaku yang di capai siswa.
Doll mengemukakan dua dimensi
yang harus ada dalam evalusi kurikulum, yaitu dimensi kuantitas(the dimension of quantity) dan dimensi
kualitas (the dimension of quality).
Dimensi pertama berhubungan dengan berapa banyak program-program yang di
evaluasi, sedangkan dimensi kedua berhubungan dengantujuan-tujuan apa saja yang
disoroti dalam evaluasi dan bagaimana kualitas dari pencapaian tujuan-tujuan
tersebut.
BAB II
PENUTUP
A.Kesimpulan
Kurikulum
pada dasarnya merupakan suatu sistem, artinya kurikulum tersebut merupakan
suatu kesatuan atau totalitas yang terdiri dari beberapa komponen, dimana
antara komponen satu dengan komponen lainnya saling berhubungan dan saling
mempengaruhi dalam rangka mencapai tujuan.
Komponen-komponen kurikulum tersebut, yaitutujuan, isi/materi, strategi pembelajaran dan
evaluasi.
B. Saran
Kami
menyadari makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.untuk itu kami mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca. Sehingga makalah ini
dapat bermanfaat bagi kita semua.