RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP Negri 3 Sungai Pua
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jumlah Pertemuan : 1 kali pertemuan (2 x 40 menit)
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami
Penggunaan TIK dan Prospeknya di Masa Mendatang
|
1.1 Mengidentifikasi Berbagai
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
Indikator Pencapaian
|
Tujuan Pembelajaran
|
1.1.1 Mengidentifikasi
peralatan TIK di berbagai bidang
1.1.2 Menjelaskan fungsi
berbagai peralatan TIK
|
Setelah pembelajaran
berlangsung diharapkan siswa mampu :
·
Memahami tujuan pelajaran TIK
·
Mengidentifikasi berbagai peralatan
telekomunikasi
·
Memahami karakteristik dasar dan penggunaan
telekomunikasi
·
Mengenal berbagai jenis computer dan
penggunaan sebagai sebuah perangkat TIK
|
Materi Ajar :
Fakta :
1.
Manusia adalah makhluk social yang tidak dapat hidup
sendiri.
2.
Manusia membutuhkan alat bantu untuk berkomunikasi.
Konsep :
1.
Pengertian TIK.
2.
Contoh-contoh peralatan TIK.
3.
Saat ini telah berkembang peralatan TIK seperti radio,
televise, handphone, dan jaringan internet.
Prinsip :
Manusia adalah
makhluk social yang harus berkomunikasi dengan orang lain
Prosedur : -
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
BEBAN BELAJAR
|
WAKTU
|
BENTUK KEGIATAN
|
TM
|
50
|
1.
Mendeskripsikan pengertian TIK.
2. Menyebutkan
contoh-contoh peralatan TIK.
|
PT
|
30
|
- Guru memberikan soal berkaitan dengan perlatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Guru menugaskan salah seorang siswa untuk membacakan
kesimpulan dari dirinya sendiri .
|
KMTT
|
10
|
Siswa mencari bahan tambahan
melalui buku/ internet di rumah
|
Metode Pembelajaran :
1.
Pengamatan
2.
Cearanah
3.
Tanya
jawab
Kegiatan Pembelajaran :
KEGIATAN
|
WAKTU
|
PERALATAN PENDUKUNG
|
KET
|
A. Pendahuluan
|
|
|
|
1. Mengucapakan salam perkenalan
2. Menyiapkan kelas
3. Berdo’a
4. Mengecek kehadiran
|
5 menit
|
Gamabr macam-macam alat
komunikasi
|
|
5.
Apersepsi
Menanyakan
alat-alat dapat menyampaikan informasi
6.
Motivasi
Siswa mengamati
gambar-gambar alat komunikasi
|
10 menit
|
B. Inti
|
|
|
|
Eksplorasi
1.
Sisaw diminta mengamati gambar orang berkomunikasi
2.
Siswa diminta menjelaskan kenapa kegiatan komunikasi
perlu dilakukan
3.
Siswa menjelaskan pengertian teknologi, informasi,
dan komunikasi
4. Siswa
mwngemukakan pengertian TIK dengan bahasa sendiri
|
15 menit
|
Gamabar orang berkonunikasi
|
|
Elaborasi
1.
Siswa mengamati gambar alat-alat TIK
2.
Siswa melekukan study pustaka tentang TIK
3. Siswa
bergantian mengisi table di papan tulis tentang alat TIK dan kegunaanya
|
20 menit
|
Konfirmasi
1.
Siswa menanggapi hasil kerjaa siswa lain di bawah
bimbingna guru
2.
Siswa mendapatkan penegasan materi dari guru
3. Pengahargaan
terhadap sikap siswa
|
15 menit
|
C. Penutup
|
|
|
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru merangkum hasil
pembelajaran
2.
Melakukan evaluasi dengan tes tertulis
3.
Pemberian tugas di rumah
4. Guru
menyampaikan judul meteri dan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya
|
15 menit
|
|
|
Penilaian Hasil Belajar :
A. Teknik Penilaian :
1. Tes tertulis
2. Keaktifan saat diskusi dan debat
B. Bentuk Instrumen Penilaian :
INSTRUMENTAL SOAL
|
KUNCI
|
SKOR
|
1. Jelaskan
mengapa manusia sebagai makhluk sociail tidak dapat hidup sendiri
2. Jelasakan
pengertian TIK menurut anad sendiri
3. Tulisakn
3 cara berkomunikasi dengan menggunakan alat yang sederhana !
4. Tuliskan
3 cara berkomunikasi dengan meenggunakan alat yang canggih
|
Dengan menggunakan asap,
kentongan dan kulit kerang
Denagnmenggunakan telepon, HP
dan Internet
|
25
25
25
25
|
Sumber dan Media pembelajaran :
Sumber
Pembelajaran :
-
Pandia, Henry. 2007. Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Jakarta : Erlangga
-
LKS (Lembar Kerja Siswa)
Media
Pembelajaran :
-
Gambar alat-alat TIK
-
Radio, Hp, dan Komputer
Sungai
Pua , 29 juli 2012
Mengetahui,
Guru Bidang Study Mahasiswa PPL
Yenita Witri Anis, S.pd Fauzan Azim
NIP. 107406051999032005 NIM.2509.030
Artikel keren lainnya: